biografi helloween

2:23 AM
Pentolan group band ini adalah kai hansen,Untuk pertama kali band ini dikenal sebagai salah satu perintis power metal band, sebagai bagian dari band heavy/speed/power metal yang berasal dari Jerman termasuk antara lain Accept, Running Wild, Blind Guardian, Grave Digger, Sinner, and Rage. Band ini dibentuk pada akhir 70-an (tepatnya Tahun 1978), saat KAI HANSEN dan PETER SIELCK membentuk band bernama “GENTRY“, dengan beberapa musisi hebat. Dua tahun kemudian, mereka memutuskan untuk mengundang dua anggota baru; MARKUSS GROSSKOPF sebagai Bass dan INGO SCHWICHTENBERG sebagai Dramer. Dengan dua anggota baru ini, mereka-pun berganti nama band menjadi “SECOND HELL“. Mereka tetap tidak puas dengan nama ini, dan pada tahun 1982, mereka menggantinya dengan nama “IRON FIST“. Pada waktu itu, HANSEN menggandeng satu anggota baru lagi; MICHAEL WEIKATH untuk posisi gitaris, yang di rekrut dari band yang tidak terkenal “Powerfool“. Mereka-pun mengganti nama lagi, dan akhirnya menjadi “HELLOWEEN“. Setelah Dua tahun penuh berlatih dan melakukan konser lokal, akhirnya mereka mendapat panggilan untuk merekam dua lagu, untuk dipasang pada album kompilasi yang berjudul “DEATH METAL” bersama-sama dengan band –band metal seperti Hellhammer, Running Wild, dan Dark Avenger yang dirilis oleh Noise Records pada tahun 1984.


FORMASI HELLOWEEN PERTAMA : KAI HANSEN (GITAR, VOKAL), INGO SCWICHTENBERG (DRUM), MARKUS GROSSKOPF (BASS), & MICHAEL WEIKATH (GITAR)

FORMASI HELLOWEEN PERTAMA : MICHAEL WEIKATH (GITAR), KAI HANSEN (GITAR, VOKAL), INGO SCWICHTENBERG (DRUM), & MARKUS GROSSKOPF (BASS)

Dalam mini LP pertama mereka, yang berjudul sama dengan nama band (Self Titled), yang dirilis pada tahun 1985, vokal di pegang oleh HANSEN, yang juga bernyanyi di album pertama WALLS OF JERICHO. Namun dikarenakan HANSEN tidak bisa bernyanyi dengan memainkan gitar sekaligus, maka pilihan pertama adalah untuk merekrut Tyran ‘Pace mantan vokalis Ralf Scheepers, yang akan menjadi vokalis sementara Helloween pada konser tour “Judas” tetapi ia menolak. Band ini akhirnya menemukan seorang vokalis yang masih muda dan berbakat berumur 18 tahun bernama Michael Kiske. Dengan ini Helloween akhirnya merekrut vokalis baru yang satu ini, mereka mendekati perusahaan rekaman Noise International and RCA dan yang bertujuan untuk mengeluarkan album double-LP yang baru untuk memperkenalkan diri, tetapi perusahaan rekaman itu menolak. Kemudian akhirnya mereka merekam album Keeper of the Seven Keys Part 1, yang dirilis pada 1987. Helloween ini didirikan sebagai salah satu yang paling sukses band heavy metal di Eropa. Helloween dirilis pada tahun 1988 album Keeper of the Seven Keys Part II, yang menyenangkan dan album mereka yang paling terkenal dengan rilis klasik line-up. Keberuntungan menjadi senyuman bagi grup band ini di Jerman kwintet ketika MTV menempatkan lagu tunggal “I Want Out” menjadi posisi paling atas. Selain itu, dukungan dari “Headbanger’s Ball” show, MTV menyerahkan perdana Headbanger’s Ball Tour dan Helloween diundang sebagai tamu khusus, bergabung Bay Area merangkul band metal Exodus mendukung headliners Anthrax. Band itu lebih bergengsi keduanya, Anthrax lebih baik dari keduanya. Pada konsernya banyak terkagum terutama penonton US, band meraih sukses di seluruh dunia, dan hal itu terlihat sangat baik. Yang dialami band ini meraih prestasi dengan cepat tetapi ada satu titik buruknya yaitu keadaan yang buruk kurang mendukung. Gitaris Kai Hansen akhirnya meninggalkan band ini secara mendadak sewaktu tour Eropa “Keeper 2” akibat konflik di dalam band, masalah itu sebenarnya berasal dari catatan perusahaan Noise International, yang berkembang dan hidup di ketidakpuasan selama tour konser. Dengan cepat Kai Hansen akhirnya keluar kemudian posisinya digantikan oleh mantan gitaris yang bernama Roland Grapow, yang untuk menyelesakan sisa tour konser “Keeper 2” dengan Band ini.

HELLOWEEN DENGAN FORMASI : MARKUS GROSSKOPF (BASS), MICHAEL WEIKATH (GITAR), INGO SCWICHTENBERG (DRUM) , MICHAEL KISKE (VOKAL) & KAI HANSEN (GITAR)

Pada awal tahun 1990 hingga tahun 1993, Band ini menghadapi masalah-masalah serius, Pertama, Gitaris & Vokalis, sekaligus mentor mereka, KAI HANSEN meninggalkan Band dengan alasan kelelahan karena tour. HANSEN membentuk Band baru beberapa bulan kemudian yang bernama “GAMMA RAY“. Mereka pun merekrut ROLAND GRAPOW untuk menggantikan posisi HANSEN Kedua, MICHAEL KISKE terlibat dengan suatu aliran keagamaan yang tidak jelas, dan menimbulkan ketidak saling pengertian dengan anggota lain. Ketiga, “masalah terburuk”, adalah yang di hadapi sang dramer INGO SCHWICHTENBERG, INGO menderita penyakit schizoprenia turunan. Menjelang pentas di Jepang, Ingo ambruk dan menangis sambil berteriak meracau. Saat tour pun, INGO sering menjadi sangat tertekan, di perparah dengan penggunaan kokain sebagai pelarian, dan akhirnya semua orang pun tahu akhir kisah ini: INGO meninggal karena bunuh diri!.

Pada tahun 1993, Mereka merilis album CHAMELEON. Saat tour album ini RICHIE ABDEL-NABI masuk, mengisi posisi dramer untuk sementara, sejak di tinggal alm.INGO Dengan semua masalah-masalah yang di hadapi, menjadi jelas, kenapa album-album mereka kurang mendapat reaksi bagus dari publik. Mereka mulai berjuang melawan label rekaman mereka. Menurut WEIKATH, NOISE tidak membayar apa yang menjadi hak mereka. EMI juga memutus kontrak mereka, bahkan baru-baru ini, rumor yang berkembang mengatakan mereka bermasalah dengan CASTLE. Setelah mengalami masalah yang silih berganti, pada 1994 mereka merekrut ANDI DERIS untuk menggantikan posisi KISKE dan ULI KUSCH (Ex- GAMMA RAY) sebagai dramer baru.

HELLOWEEN : MICHAEL WEIKATH (GITAR), ULI KUSCH (DRUM), ANDI DERIS (VOKAL), ROLAND GRAPOW (GITAR), & MARKUS GROSSKOPF (BASS)

Dengan formasi ini (DERIS, WEIKATH, GROSSKOPF, KUSCH, dan ROLAND GRAPOW), mereka merilis album MASTER OF THE RING. Pada tahun 2000, SASCHA GERSTNER dan STEFAN SCHWARZMANN hadir menggantikan posisi ULI KUSCH dan ROLAND GRAPOW. pada tahun 2003, formasi ini merilis album RABBIT DON’T COME EASY. Pada Tahun 2005, Mereka berganti formasi lagi, DANI LOEBLE masuk menggantikan STEFAN, dan Mereka pun mulai merekam kelanjutan dari album Rabbit Don’t Come Easy.Pada 31 Oktober 2005 Helloween merilis album yang merupakan lanjutan dari album legendaris mereka ‘The Keeper’ album mereka berjudul ‘Keeper of The Seven Keys – The Legacy’. Album ini mendapat sambutan hangat dari seluruh dunia. Sukses album ini diikuti sukses tour dunianya, mereka pun meluncurkan double live DVD dan double live CD. Untuk memperingati kesuksesan mereka dalam dua tahun terakhirnya, Helloween merilis double Live CD berjudul “Keeper Of The Seven Keys – The Legacy World Tour 2005/2006 – Live In Sao Paulo” dan double live DVD berjudul “Keeper Of The Seven Keys The Legacy World Tour 2005/2006 – Live On 3 Continents”.

HELLOWEEN : SASCHA GERSTNER (GITAR), MARKUS GROSSKOPF (BASS), ANDI DERIS (VOKAL), MICHAEL WEIKATH (GITAR) & STEFAN SCHWARZMANN (DRUM)
dengan album terbarunya “Gambling With The Devil” yang dirilis tahun 2007, Helloween kembali memanjakan para penggemarnya di seluruh dunia. Di penghujung tahun 2008, dalam rangka menyambut ulang tahun Helloween yang ke 25 tahun (Anniversary 25th) Helloween memrilis sebuah t-shirt yang bertema “Anniversary 25th” Helloween. Dan yang menjadi spesial dari t-shirt ini selain untuk menyambut hari jadi Helloween ke-25 bahwa design t-shirt ini dibuat oleh para fans Helloween yang kemudian di voting dan yang mendapat votingan terbanyak maka itulah design t-shirt yang akan dirilis. Awal 2009 design t-shirt “Anniversary 25th” terpilih berasal dari Brasil. Di samping merilis sebuah T-shirt Anniversary 25th, dalam rangga menyambut ulang tahun Helloween ke-25, pada tanggal 26 Desember 2009, Helloween merilis sebuah album kompilasi yang berjudul “Unarmed – Best of 25th Anniversary” di Jepang dan 1 Februari 2010 di Eropa. Album ini berisi 10 lagu hits mereka dari era Keeper Of The Seven Keys sampai album Gambling With The Devils dan direkam ulang dengan versi yang berbeda dengan versi aslinya. Diantaranya sebuah lagu medley berdurasi 17 menit yang merupakan gabungan dari 3 lagu berdurasi panjang mereka yaitu “Keeper Of The Seven Keys”, Halloween” dan The King for 1000 Years”. Album Unarmed ini juga dikemas dalam bentuk Limited Edition, dengan bonus “making of” DVD yang berdurasi 30 menit.

HELLOWEEN : MARKUS GROSSKOPF (BASS), SASCHA GERSTNER (GITAR), ANDI DERIS (VOKAL), DANI LOEBLE (DRUM), & MICHAEL WEIKATH (GITAR)
Penghujung tahun 2010, HELLOWEEN merilis album studio terbaru mereka yang berjudul “7 Sinners” tepatnya pada tanggal 31 Oktober 2010 di Eropa dan 3 Nopember 2010 di Amerika. Nama judul album tersebut menyinggung tujuh kesalahan yang mematikan, menurut Andi Deris sang vokalis. Menurutnya lagi, hal itu akan langsung mengena setelah Helloween merilis album akustik, dan mereka membutuhkan sesuatu yang menunjukkan kepada para penggemar bahwa ini adalah album metal. Setelah album “7 Sinners” dirilis, mereka mulai melakukan tur dunia, diantaranya tur bersama band power/speed metal Stratovarius dari Finlandia, dan rencananya pada tanggal 24 Juli 2011, HELLOWEEN dipastikan akan datang ke Indonesia untuk ikut tampil di event akbar musik Nasional, Java Rockingland yang akan diselenggarakan di Jakarta. LONG LIVE METAL, HELLOWEEN.




Studio albums

Helloween (1985)
Walls of Jericho (1985)
Keeper of the Seven Keys, Pt. 1 (1987)
Keeper of the Seven Keys, Pt. 2 (1988)
Pink Bubbles Go Ape (1991)
Chameleon (1993)
Master of the Rings (1994)
The Time of the Oath (1996)
Better Than Raw (1998)
Metal Jukebox (1999)
The Dark Ride (2000)
Rabbit Don't Come Easy (2003)
Keeper of the Seven Keys: The Legacy (2005)
Gambling with the Devil (2007)
Unarmed – Best of 25th Anniversary (2009)
7 Sinners (2010)

Singles

"Judas" (1986)
"Future World" (1987)
"Dr. Stein" (1988)
"Save Us" (1988)
"I Want Out" (1988)
"Kids of the Century" (1991)
"Number One" (1992)
"When the Sinner" (1993)
"Windmill" (1993)
"Step Out of Hell" (1993)
"I Don't Wanna Cry No More" (1993)
"Mr. Ego" (1994)
"Where the Rain Grows" (1994)
"Perfect Gentleman" (1994)
"Sole Survivor" (1995)
"The Time of the Oath" (1996)
"Power" (1996)
"Forever and One" (1996)
"Forever and One Live" (1996)
"Hey Lord!" (1998)
"I Can" (1998)
"Lay All Your Love on Me" (1999)
"If I Could Fly" (2000)
"Mr. Torture" (2000)
"Just a Little Sign" (2003)
"Mrs. God" (2005)
"Light the Universe" (2006)
"As Long as I Fall" (2007)
"Find my Freedom" (2008)
"Are You Metal?" (2010)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »