Cara aman mengedit HTML di blog

4:04 AM
Jika kita mau mengobok-obok template blog atau istilahnya mau mengedit template,kadang-kadang akan mengalami kesulitan, apalagi bagi yang masih agak pemula seperti saya,weleh...Entah itu tidak menemukan kode html yang di cari,atau malahan salah mem-pastekan kode di tempat yang tidak seharusnya,dan tidak tahu akan menghapus kembali kode yang sudah di templok-kan tadi,karena justru bingung dengan kode-kode html yang belum di mengerti,Alhasil..malah tambah puyeng,putus asa dan tidak jadi mengedit template karena sebab atau hal yang sebenarnya sepele seperti yang saya gamabarkan tersebut,weleh...

contoh gambar template yang bermasalah :



Berikut ini beberapa tips untuk edit HTML blog :

1. Backup template
Membackup template ini penting karena jika terjadi hal-hal yang tidak dinginkan, misalnya blog jadi rusak maka kita bisa membuatnya seperti sediakala (sebelum rusak) jika kita sebelumnya sudah membackup template. Cara membackup template ini mudah. Cukup klik pada link "Download Full Template" lalu simpan file template di komputer kita. Kalau terjadi kesalahan yang tidak bisa kita atasi, kita tinggal upload kembali file template tersebut.

2. Memberi Tanda Centang pada Kotak "Expand Widget Template"
Ini yang terkadang dilupakan para pengobok template. Kalau kotak "Expand Widget Templates" tidak dicentang maka kode-kode yang dicari kemungkinan tidak ditemukan. Tapi terkadang hal ini tidak perlu dilakukan tergantung dari petunjuk tutorialnya. Makanya perhatikan baik-baik tutorialnya kalo mau Edit HTML blog,weleh..

3. Tips Mempermudah Pencarian
Untuk mempermudah pencarian kode yaitu dengan meng-copy dulu kode yang mau dicari kemudian tekan "Ctrl+f" lalu masukkan kode yang dicopy tadi kedalam kotak yg muncul. Kalau misalkan kode yang dicari tidak muncul maka cobalah mencari sebagian dari kode tersebut.semisal anda akan mencari kode ini :

<div class='post-header-line-1'/>
<div class='post_author' style='font-size:12px;text-align:left;font-style:italic;margin:0 10px 20px 10px;color:blue;font-style:italic;'>Di OBOK-OBOK oleh : gspl</div>

Terkadang kita tidak bisa menemukan kode seperti yang tertulis di atas,seperti yang di tertulis di tutorial,di sebabkan jenis template yang anda gunakan berbeda-beda,maka anda bisa persingkat pencarian dengan memotong kode yang di maksud,dan pastekan di kotak pencarian,semisal seperti contoh di bawah :

<div class='post-header-line-1'/>
<div class='post_author' style=


4. Pratinjau : biasakan meninjau ulang hasil edit template blog,sebelum proses penyimpanan template.

5. Bersihkan Edit :jika terjadi kesalahan,seperti gambar di atas,jangan buru-buru panik,klik Bersihkan edit,maka tempalte akan kembali seperti semula sebelum di edit,teliti kembali,kemungkinan ada tenda atau kode html yang belum ikut terpasang.

6. Simpan template : jika di rasa sudah benar,baru simpan template anda.

Pastikan secara teliti,karena proses pengobok"an ini hanya membutuhkan ketelitian dan kecermatan.Selamat berkreasi...


sekali lagi,artikel ini di tujukan untuk anda yang baru belajar untuk membuat blog,bagi anda yang sudah kawuk atau sudah mahir,silahkan tinggalkan halaman ini dan buka halaman lain yang kiranya lebih berguna atau bermanfaat bagi anda,spesial artikel ini di tujukan bagi teman-teman seperjuangan di KSA.

Description: belajar blog untuk pemula,cara aman mengedit HTML Rating: 4.5

Artikel Terkait

Previous
Next Post »