Check System Eror

3:34 PM
Checking sistem eror selain pada bluescreen (otomatis), kita juga bisa menggunakan command prompt, dengan perintah “chkdsk” (tanpa kutip). Caranya sebagai berikut :

- Jalankan Command Prompt, bisa lewat RUN (windows logo + R) lalu ketikan command atau bisa juga hanya ketik cmd lalu OK.


- Setelah command prompt berjalan, lalu langsung saja ketikan “chkdsk” (tanpa kutip) lalu enter


- Setelah kita tekan enter, maka proses pengecekan akan berlangsung, tunggu sampai selesai. Ada 3 proses pengecekan, yaitu yang pertama mengecek “File verification”, yang kedua cek “Index verification” dan yang ketiga cek “Security descriptor verification”.


- Misalnya terjadi kerusakan sistem maka kita akan diperintahkan untuk melakukan pengecekan ulang dengan perintah “chkdsk /F”, jika ada pilihan yes or no, pilih yes. Artinya pengecekan dan perbaikan akan dilakukan pada booting berikutnya. Dan setelah itu restart komputer, maka pengecekan akan berlangsung sebelum windows masuk ke sistem.




- Dan berikut jika sistem pada komputer kita aman terkendali


Pengecekan ini bisa di lakukan secara bertahap, agar kita dapat terus memonitoring keadaan sistem pada komputer kita, misalnya setiap seminggu sekali.
semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »