Tips Antena wifi jarak jauh

8:04 AM
Judul Asli Artikel ini adalah MEMANFAATKAN PARABOLA SEBAGAI REFLEKTOR ANTENA WIFI 2.4 Ghz,di sadur dari pengalaman Admin sendiri,ini alamat link aslinya :
KLIK GO UNTUK MELIHAT


Bagi anda yang terlanjur membeli sebuah wifi USB adapter standard dan merasa tidak puas dengan hasil tangkapan sinyal wifi anda tersebut, maka anda dapat mengubah wifi USB adaptor anda tersebut menjadi sebuah antenna wifi USB eksternal dengan sedikit kreatifitas.
Antena Wifi USB atau biasa disebut dengan Uni-Directional Wifi Range Extender adalah sebuah perangkat tambahan pada sebuah komputer yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas tangkapan sinyal wireless standar dari jarak yang cukup jauh dengan menggunakan adapter USB Wifi standar.
Dalam pembuatan antenna Wifi USB ini kita tidak memerlukan modifikasi apapun pada adapter USB wifi standar kita ataupun mengubah bentuk fisik komputer (PC) anda. Hanya sebuah jalan pintas yang mudah untuk meningkatkan kekuatan sinyal dan jarak dari adaptor USB Wifi anda. Dan cara ini bekerja juga untuk seluruh jenis adaptor USB wifi standar yang biasa anda pakai.
Alat yang di gunakan :

- Dalam praktek ini saya gunakan TP LINK TL-WN321G

- kabel USB extender 10 meter


- kaleng pepsi/coca cola bekas,isolasi dan pisau potong
- Parabola bekas,kalo gk ada ya beli,hehe...Di haradj banyak,nek pas ono..



LANGKAH PENGERJAAN
- potong kaleng pada ujungnya,agar terlihat terbuka


- Lubangi kaleng dengan jarak 2,5 cm,sesuai dengan bentuk USB wifi
Anda dapat mengukur jarak lubang kaleng dengan perhitungan menggunakan CANTENATOR untuk jenis kaleng yang berbeda,perhatikan betul ukuran jarak dari lubang kaleng,karena akan sangat berpengaruh pada hasil sinyal wifi,untuk mendapatkan tool cantenator bisa anda download di bawah ini :




- Masukkan USB wifi seperti yang terlihat pada gambar
- Pasang kabel USB extender dan letakkan pada tempat LNB parabola berada


Instal driver TP LINK dan lakukan mounting untuk antena...(diputar2 dan cari lokasi sinyal AP)
di sekitar lokasi anda.
anda bisa memonitor kuat lemahnya sinyal dengan software netstumbler,yg bisa anda download dengan menge-klik gambar download bawah ini:weleh bahasane kacau..


dan inilah hasil dari monting-monting saya di atas atap dengan Netstumbler

ini adalah hasil terdekat dengan jarak kurang lebih 150 meter,perbaandingan dengan antena ALFA wifi,lebih memuaskan menggunakan TP-LINK dengan bantuan reflektor Parabola...
KESIMPULAN,lebih stabil menggunakan TP-LINK + REFLEKTOR PARABOLA


CATATAN : KABEL USB extender 10 meter,terkadang gk support dengan device USB wifi merk tertentu,jika langsung di colok-kan dengan port USB,tidak terdeteksi hardware baru,maka akan muncul pesan di dekstop kanan bawah seperti pada gambar :


yang Artinya,kabel anda terlalu panjang mas,haha...power loss...jadi gk nyampai ke device USB wifi-nya....tp ada beberapa kasus langsung bisa terdetek,pada PC di colokan port USB bagian belakang...
Untuk mengatasinya,anda terpaksa harus memotong kabel tersebut sepanjang 1 meter (percobaan saya di kurangi 1 meter sudah dapat terdeteksi).dan lakukan penyolderan pada setiap kabel,(jumlah kabel usb ada 4)...satu lagi,jangan sampai salah warna..seperti pada gambar:


Terakhir antena ini di coba,bisa menembus jarak kurang lebih 600 meter,dengan kondisi Clear loss,tanpa halangan..kecuali Tembok pemilik AP,dengan ketinggian Antena 4 meter,sinyal di dapat masih stabil 67%,koneksi stabil dan lancar..
tidak mustahil akan bisa menembus jarak yang lebih jauh,bila AP (acces point)tanpa halangan dan di pasang antena luar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

6 comments

Write comments
May 17, 2012 at 6:51 AM delete

nice share mas admin,saya pernah coba cara seperti mas admin tesebut,tapi dalam kasus saya untuk share internet ke hape.dan kaleng saya gunakan kaleng bekas susu formula dan tanpa penghitungan dengan software,jarak yang stabil hanya 20meter.itupun hrus tanpa los{halangan}besok saya akan saya coba pengukuran dengan software.thank infonya iin sedot softwrenya
saran untuk kabel usb yang panjang bisa diakalin dengan setting dibios dengan mendisable usb 2.0. klo sudah terdetect setingan bios bisa dikembalikan.

Reply
avatar
May 18, 2012 at 8:43 AM delete

makasih bunda,iya thanks sarannya,berarti pakaiusb versi 1.1 ya..benar,bisa terdeteksi...hehe,maklumlah,buat nyari koneksi gratisan.

Reply
avatar
Jusushare
AUTHOR
May 29, 2012 at 8:02 AM delete

Boleh juga tipsnya nih .
hehe

Reply
avatar
May 31, 2012 at 1:53 AM delete

hehe...coba-coba mas gan

Reply
avatar
nandy ahmed
AUTHOR
March 1, 2013 at 9:06 AM delete

Bisa jangkau dari jarak bandung cianjur ga boss


Reply
avatar
May 9, 2013 at 10:38 AM delete

bisa, pakai kabel sama tiang listrik !! haha :p

Reply
avatar